Hukum Qurban

Sat 28 November 2015 20:40 | 28
Ali Irsyad

 

Al-Kasani (w. 587 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' sebagai berikut :

فالتضحية نوعان : واجب وتطوع ؛ والواجب منها أنواع : منها ما يجب على الغني والفقير ومنها ما يجب على الفقير دون الغني ومنها ما يجب على الغني دون الفقير

qurban ada 2 jenis, wajib dan sunah. adapun wajib ada beberapa jenis: 1. qurban yang diwajibkan kepada orang yang kaya dan kafir, 2. qurban yang diwajibkan bagi orang fakir saja, 3. qurban yang diwajibkan bagi orang kaya saja .

Al-Kasani, Badai' Ash-Shanai' fi Tartibi As-Syarai' , jilid 10 hal. 243 | Hamam

Al-Marghinani (w. 593 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi sebagai berikut :

الأضحية واجبة على كل حر مسلم مقيم موسر في يوم الأضحى عن نفسه وعن ولده الصغار

Berqurban hukumnya wajib bagi tiap muslim yang merdeka, menetap (tidak musafir)dan mampu (berqurban) pada hari Idul Adha, baik untuk dirinya atau anak-anaknya yang kecil.

Al-Marghinani, Al-Hidayah Syarah Bidayatu Al-Mubtadi, jilid 9 hal. 506 | Anam

Ibnu Abdil Barr (w. 463 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah sebagai berikut :

الأضحية عند مالك سنة تجب على كل من وجد سعة من الرجال والنساء الأحرار وهي من السنة المؤكدة

Berqurban menurut Imam Malik sunnah yang dianjurkan bagi setiap yang mampu baik laki – laki ataupun perempuan merdeka, dan hukum berqurban adalah sunnah muakkadah.

Ibnu Abdil Barr, Al-Kafi fi Fiqhi Ahli Al-Madinah, jilid 1 hal. 418 | Syafaat

Ibnu Rusyd Al-Hafid (w. 595 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid sebagai berikut :

فَذَهَبَ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ إِلَى أَنَّهَا مِنَ السُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ، وَرَخَّصَ مَالِكٌ لِلْحَاجِّ فِي تَرْكِهَا بِمِنًى

Imam Malik dan Asy-Syafi’i berpendapat bahwa berqurban hukumnya sunnah muakkadah, dan Imam Malik memberi rukhsoh bagi yang berhaji untuk tidak berqurban di Mina..

Ibnu Rusyd Al-Hafid, Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, jilid 2 hal. 191 | Syafaat

Ibnu Juzai Al-Kalbi (w. 741 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Malikiyah menuliskan dalam kitabnya Al-Qawanin Al-Fiqhiyah sebagai berikut :

وَهِي سنة مُؤَكدَة وفَاقا للشَّافِعِيّ وَقيل وَاجِبَة وفَاقا لأبي حنيفَة

Dan qurban itu (hukumnya) sunnah muakkadah sejalan dengan pendapat Al-Imam Asy-Syafi'i. Dan ada yang berpendapat qurban itu wajib sebagaimana pendapat Al-Imam Abu Hanifah..

Ibnu Juzai Al-Kalbi, Al-Qawanin Al-Fiqhiyah, jilid 1 hal. 125 | Wahab

Al-Mawardi (w. 450 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyah menuliskan dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir sebagai berikut :

وهو مذهب الشافعي، إنها سنة مؤكدة، وليست بواجبة على مقيم ولا مسافر

Hukum berqurban dalam madzhab Syafi'i adalah sunnah muakkadah, dan bukan wajib bagi orang yang muqim dan orang musafir..

Al-Mawardi, Al-Hawi Al-Kabir, jilid 15 hal. 71 | Ali I

Ar-Rafi'i (w. 623 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Asy-Syafi'iyyah menuliskan dalam kitabnya Fathu Al-Aziz bi Syarhi Al-Wajiz sebagai berikut :

و التضحية : سنة مؤكدة ،وشعار لا ينبغي لمن قدر عليها أن يتركها ؛ قال الله تعالى : {فصل لربك وانحر} [الكوثر : 2] قيل أي : صل صلاة العيد ، و انحر نسكك.

Hukum berkurban adalah sunnah muakkadah, dan tidak selayaknya bagi orang yang sudah mampu untuk meninggalkan ritual ini. Allah Ta’ala berfirman, "Maka Dirikanlah Shalat Karena Tuhanmu dan Berkurbanlah (al-kautsar : 2). Ada yang mengatakan : dirikanlah shalat ‘ied dan berkurbanlah..

Ar-Rafi'i, Fathu Al-Aziz bi Syarhi Al-Wajiz, jilid 12 hal. 59 | Syafri

Ibnu Taimiyah (w. 728 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Majmu' Fatawa sebagai berikut :

وأما الأضحية فالأظهر وجوبها أيضا فإنها من أعظم شعائر الإسلام

Adapun hukum berqurban maka pendapat yang lebih zhahir adalah wajib, karena dia termasuk syi'ar Islam yang paling agung. .

Ibnu Taimiyah, Majmu' Fatawa, jilid 23 hal. 162 | Anam

Dalam hal ini kalau kita perhatikan ternyata Ibnu Taimiyah agak sedikit berbeda dengan rata-rata kebanyakan ulama mazhab Al-Hanabilah yang umumnya tidak mewajibkan qurban. Disini beliau cenderung mewajibkan dengan menggunakan lafadz 'azh-zhahir'. Al-Mardawi (w. 885 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah menuliskan dalam kitabnya Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf sebagai berikut :

والأضحية سنة مؤكدة) . هذا المذهب بلا ريب. وعليه جماهير الأصحاب)

"Berqurban itu sunnah muaakkadah". Madzhab ini tidak diragukan lagi, dan ini merupakan pendapat mayoritas sahabat hanaabilah.

Al-Mardawi, Al-Inshaf fi Ma'rifati Ar-Rajih minal Khilaf, jilid 4 hal. 105 | Saiful

Ibnu Hazm (w. 456 H), salah satu ulama di kalangan mazhab Adzh-Dzhahiriyah menuliskan dalam kitabnya Al-Muhalla bil Atsar sebagai berikut :

الأضحية سنة حسنة وليست فرضا ومن تركها غير راغب عنها فلا حرج عليه في ذلك

Qurban hukumnya sunah bukan wajib. Siapa yang meninggalkannya bukan karena membencinya maka tidak ada masalah baginya..

Ibnu Hazm, Al-Muhalla bil Atsar, jilid 6 hal. 3 | Wahyudi

Baca Lainnya :

Hadyu dan Hewan Qurban Hilang Sebelum Disembelih, Apakah Wajib Mencari Gantinya?
Ahmad Wahyudi | 28 December 2015, 09:47 | draft
Hukum Qurban
Ali Irsyad | 28 November 2015, 20:40 | published
Qurban Untuk Mayit
Khaerul Anam | 12 September 2015, 20:40 | published
Batasan Mampu Berqurban
Hamam Zaky | 12 September 2015, 20:41 | draft
Patungan Sapi Tapi Beda Niat
Saiful Bahri | 12 September 2015, 20:42 | draft
Hukum Qurban Bagi Yang Berhaji
Muhammad Abdulloh Syafaat | 12 September 2015, 20:42 | draft
Waktu Permulaan Diperbolehkannya Berqurban
Muhammad Abdul Wahab | 12 September 2015, 20:43 | draft
Jenis Hewan Yang Utama Untuk Qurban
Ahmad Wahyudi | 14 September 2015, 06:00 | published
Batasan Cacat Bagi Hewan Qurban
Afkar Hasanain | 12 September 2015, 20:58 | draft
Batasan Hewan Yang Makruh Untuk Qurban
Muhammad Alfi Fadli | 12 September 2015, 20:58 | draft
Apakah Orang Yang Benadzar Qurban Boleh Makan Dagingnya
Syafri Muhammad Noor | 12 September 2015, 20:59 | draft
Batas Akhir Penyembelihan Qurban
Ali Shodiqin | 12 September 2015, 23:18 | draft
Hukum Menjual Daging Qurban Bagi Penerimanya
Khaerul Anam | 12 September 2015, 23:19 | draft
Bolehkah Berqurban Dengan Selain Kambing, Sapi Dan Unta?
Muhammad Ajib Asy-Syafi'i, Lc | 26 May 2015, 19:56 | published
Berqurban, Wajib Atau Sunnah?
Muhamad Amrozi | 29 May 2015, 12:17 | published
Hukum Sembelihan Ayam Sampai Putus Leher
Afkar Hasanain | 30 September 2015, 08:59 | draft
Hukum Menyembelih Dengan Tanpa Baca Basmalah
Afkar Hasanain | 30 September 2015, 16:28 | draft
Hukum Memotong Rambut dan Kuku Bagi Orang Yang Hendak Berqurban
Mardoni Saputra | 2 October 2015, 09:36 | published
Haruskah Membagi Daging Qurban Untuk Dimakan, Disedekahkan dan Dihadiahkan?
Ali Shodiqin | 2 October 2015, 09:44 | draft
Bolehkah Menghadiahkan Daging Qurban Untuk Non Muslim?
Tajun Nashr, Lc | 2 October 2015, 09:47 | draft
Hukum Menjual Daging Qurban Bagi Penerima Hewan Qurban
Afkar Hasanain | 4 October 2015, 06:57 | draft
Hukum Qurban Bagi Yang Belum Baligh
Ali Irsyad | 4 October 2015, 06:59 | draft